Rabu, 03 Agustus 2016

JALANI HIDUP SEHAT TANPA SEBATANG ROKOK

Setiap detik, menit dan jam pada jaman sekarang, ratusan rokok dibakar dan dihisap oleh manusia. Debu dan asap rokok bergabung dan tak sengaja terhirup oleh kita bahkan yang tidak merokok. Miris, bukan?


Padahal, seperti yang kita ketahui mengenai rokok, rokok menimbulkan banyak efek buruk dan bahkan tidak ada satupun manfaat dari sebatang rokok.

Rokok mengandung banyak zat zat beracun yang berbahaya bagi tubuh kita dan juga membuat kita candu akan rokok dan ingin terus merokok. Zat yang beracun ini dapat menjadi karsinogenik terhadap tubuh kita dan menyebabkan kanker paru dan juga gangguan pernapasan lainnya.

Nikotin yang terkandung dapat merusak jantung dan mengganggu aliran darah. Tar menyebabkan kerusakan pada sel yang ada di paru dan karbonmonoksida dapat menyebabkan kemampuan darah membawa oksigen menjadi berkurang. Tidak ada bagusnya sama sekali, bukan?

Sering didengar mengenai perokok aktif dan pasif. Apa saja itu?

Perokok aktif
Perokok yang secara langsung menghisap batang rokok dalam jumlah sekecil apapun meski hanya satu batang dalam satu hari. Atau orang yang pernah mencoba rokok hanya untuk keisengan maupun ingintahu, ia tetap disebut perokok aktif.

Perokok pasif
Yang merupakan perokok pasif adalah mereka yang tidak menghisap batang rokok secara langsung baik sengaja maupun tidak sengaja, namun menghirup asap rokok karena berada dalam satu lingkungan bersama seorang perokok aktif.


Keduanya sama sama memiliki hal hal merugikan dari merokok seperti :

1.       Gangguan pernapasan
2.       Gangguan mata
3.       Rontok pada rambut
4.       Menyebabkan stroke dan penyakit jantung
5.       Menyebabkan kanker
6.       Gangguan pendengaran

Ada pula cara cara untuk berhenti merokok :

-          Seketika
Pada kasus ini, kita langsung berhenti merokok saat itu juga dan cara ini adalah cara paling ampuh dan paling berhasil.

-          Menunda
Cara ini adalah dengan menunda nunda mengisap rokok pertama 2 jam sehari selama seminggu.

-          Mengurangi
Ini maksudnya adalah mengurangi jumlah batang rokok yang dihisap tiap harinya. Tentunya akan sangat baik juga kita terus mengurangi jumlah rokok hingga akhirnya terbiasa tanpa rokok.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random