Sabtu, 13 Agustus 2016

WASPADA KANKER PARU : PENCEGAHAN & PENGOBATAN


Pada postingan sebelumnya,saya telah membahas mengenai kanker kulit. Sekarang, kita akan membahas mengenai kanker paru.


Semua jenis kanker bersifat ganas. Seperti halnya kanker paru. Kanker paru dapat disebabkan oleh banyak sebab, namun yang paling utama adalah merokok. Ada pula faktor resiko lainnya :

1.       Riwayat keluarga
2.       Jaringan parut oleh penyakit paru
3.       Hal yang berkaitan dengan kebiasaan merokok

Adapula beberapa gejala gejala yang sering dirasakan sebagai indikasi kanker paru adalah seperti penurunan berat badan yang drastic dan signifikan, nyeri pada bagian dada, sesak nafas dan sering tersedak, serta batu-batuk dan batuk yang diderita mengeluarkan darah.

Mungkin beberapa gejala diatas sering dianggap gejala batuk biasa dan tidak diberi perhatian khusus. Maka dari itu, kita perlu menanamkan kepedulian sejak dini. Kanker paru sendiri bisa dilakukan pemeriksaan dini sejak awal untuk sekadar memastikan dan waspada.

Ada pula pemeriksaan deteksi dini meliputi :

-          Foto thorax
-          Pemeriksaan sitology dahak
-          Bronkoskopi
-          Sipirometri
-          CT Scan / MRI paru
-          Dsb

Melalui pemeriksaan dini diatas kita bisa mengetahui dari awal apakah kita berpotensi mengembangkan kanker paru atau bahkan telah terkena kanker paru atau tidak. Selain itu, untuk tetap waspada, kita dapat mencegah terjadinya kanker paru dengan beberapa cara :

Jangan merokok & berhenti merokok
Tentu kita harus menghindari rokok dalam mengurangi faktor resiko kanker paru terbesar yaitu rokok. Dan jika sudah terlanjur merokok, maka segera berhenti.

Gunakan masker
Dalam perjalanan jalan raya ataupun ditempat kerja, hendaknya kita memakai masker untuk menghindari pernapasan kita dari debu dan asap.


Yang terakhir adalah pengobatan dari kanker paru itu sendiri. Pengobatan kanker paru sendiri berdasarkan dari diagnosis stadium yang ada. Jika masih dalam stadium ringan, dapat dilakukan operasi dan pengobatan radiasi, kemoterapi dan imunoterapi sebagai pengobatannya. Jika sudah berat, operasi tidak akan mempan lagi. Maka yang harus dilakukan hanyalah pengobatan kemoterapi atau radiasi.

Baiklah sekian artikel mengenai kanker paru. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random