Sabtu, 13 Agustus 2016

WASPADA KANKER KULIT : PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGANNYA


Kulit adalah satu elemen penting bagi tubuh kita. Selain untuk penampilan, kulit juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, bagaimana jika kulit saja sudah mengalami kelainan?


Sampai sekarang, kanker kulit merupakan salah satu penyakit kulit yang paling umum dan juga bersifat ganas. Kanker kulit bias disebabkan oleh beberapa hal seperti paling utama adalah akibat terpapar radiasi sinar uv dan radio aktif yang dapat memicu terjadinya kanker kulit.

Selain itu, menurut Dr. Abraham Arimuko, SpKK, infeksi yng kronis seperti contohnya oleh HPV (human papilloma virus) juga dapat membangun infeksi pada kulit dan selaput lendir dan dapat memicu kanker kulit.

Faktor genetic juga merupakan satu faktor resiko dimana ras kulit putih lebih rentan terkena kanker kulit daripada orang yang memiliki warna pada kulitnya.

Ada 3 jenis kanker kulit yang paling umum :

1.       Squamous cell carcinoma
2.       Basal cell carcinoma
3.       Malignant melanoma

Dari 3 jenis diatas, squamous cell carcinoma merupakan kanker kulit paling ‘ringan’ dan pada orang berkulit gelap ini mdah ditemukan pada daerah yang tidak terkena sinar matahari seperti telapak kaki.

Sedangkan tipe malignant melanoma merupakan tipe paling berbahaya dan juga ganas. Jenis ini jarang ditemukan pada orang berkulit gelap.

Ada pula beberapa cara untuk menanggulanginya :
Laser treatment & Surgical Treatment
Kanker dapat diobati dengan terapi laser hingga pembedahan. Hingga saat ini, pencegahan terbaik adalah dengan pemeriksaan dini dari kanker kulit. Untuk squamous cell dan basal cell, keduanya dapat disembuhkan hingga 100% jika saat pembedahan/laser tidak ada jarngan tumor yang tertinggal . Namun untuk malignant melanoma, jika sampai menyebar ke organ lain maka akan menyebabkan kematian.

Menggunakan sunblock
Salah satu cara menghindari diri dari kanker kulit yaitu menghindari kulit dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan cara menggunakan sunblock saat akan keluar rumah maupun saat akan berenang. Pemilihan sunblock juga harus tepat dan sesuai dengan kondisi dan jangka waktu terpapar matahari.


Beberapa ulasan diatas merupakan ulasan singkat mengenai kanker kulit. Maka, kita harus tetap waspada!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random