Sabtu, 13 Agustus 2016

VARISES : APA ITU VARISES DAN PENYEBABNYA




Mungkin diantara kita ada yang pernah atau hampir semua dari kita pernah mendengar atau tahu tentang varises. Varises ini sering terjadi terutama pada bagian kaki. Nah, apa sebenarnya varises itu?


Varises adalah pelebaran pembuluh darah vena yang berbentuk tidak hanya melebar namun berkelok seperti cacing besar dibawah kulit kita. Varises bukan hanya gangguan penampilan saja namun juga merupakan penyakit bernama Chronic Venous Diseases (CVD). Meski begitu, varises tidak bersangkutan dengan jantung melainkan dengan pompa otit dan dinding vena itu sendiri.
Meski begitu, seram juga ya, CVD ini. Nah, apa apa saja penyebab dari varises ini? Berikut ulasannya.

Pakaian Ketat
Beberapa dari kaum hawa yang sering menggunakan pakaian ketat berpotensi terkena CVD atau varises ini. Mengapa? Karena pakaian yang ketat dapat menekan pembuluh darah balik atau vena sehingga mengganggu aktivitas vena dan menyebabkan vena melebar. Wah, mending tidak usah pakai yang ketat ya!

Sepatu tinggi / High heels
Memakai high heels dapat membuat otot betis kita mengeras dan kontraksi sehingga aliran didalam vena dapat terganggu.Hal tersebut mengakibataliran darah di pembuluh darah balik terganggu dan akhirnya terjadilah varises.

Hormonal
Selain kedua diatas, secara hormone juga dapat menyebakan varises. Seperti pada wanita hamil. Wanita hamil beresiko menderita varises dikarenakan adanya hormone progesterone dan estrogen yang membuat pembuluh darah menjadi lunak dan lemah sehingga mudah melebar dan menyebabkan varises. Selain itu, beban badan yang bertambah juga menjadi resiko bagi ibu hamil.

Thrombosis
Thrombosis atau bekuan darah juga dapat menyebabkan terjadi varises. Bekuan yang terjadu pada katup dapat membuat aliran darah terganggu sehingga peredaran darah di vena tidak lancer dan vena melebar menjadi varises.

Penyebab lainnya
Penyebab lain seperti tumor dapat menyebabkan varises karena ia menekan pembuluh darah balik sehingga vena melebar. Dan juga seperti posisi kaki yang sering berdiri statis sehingga beban kerja pembuluh darah menjadi berat dan darah tidak dapat naik ke atas.

Baiklah sekian mengenai apa itu varises dan penyebabnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya !~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random