Selasa, 10 Mei 2016

Dampak Negatif Penggunaan Earphone




Pada zaman yang penuh akan teknologi canggih seperti sekarang, siapa yang tidak mengenal earphone? Alat kecil ini sangat diminati oleh hampir semua pengguna gadget pada masa kini. Dengan earphone, pengguna gadget dapat mendengarkan musik lebih jelas daripada tidak menggunakannya. Selain itu, bentuknya yang kecil dan mudah untuk dibawa menjadi salah satu poin plusnya. Kegunaan dan kepraktisan earphone sering membuat para penggunanya memakai earphone secara berlebihan. Sayangnya, dibalik manfaatnya tersebut, penggunaan earphone secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi para penggunanya, terutama pada pendengaran.
Dampak Negatif Penggunaan Earphone
        Penggunaan earphone dapat dikatakan berlebihan jika earphone digunakan dalam waktu yang lama dan dengan frekuensi suara yang sangat tinggi. Sebuah riset membuktikan bahwa mendengarkan musik menggunakan earphone selama lebih dari 5 jam dalam satu minggu dapat menimbulkan efek yang buruk bagi pendengaran. Dampaknya dapat berupa kerusakan permanen pada telinga. Kerusakan ini rentan terjadi pada usia dini.
      Selain durasi penggunaan earphone tersebut, frekuensi suara yang didengarkan juga dapat menimbulkan pengaruh negatif bagi pendengaran penggunanya. Frekuensi suara yang terlalu tinggi dapat membuat telinga tidak kuat menanggung beban suara yang diterima. Hal ini juga dapat menimbulkan kerusakan permanen pada telinga.  Menurut penelitian, kebisingan yang dapat dihasilkan oleh earphone hampir sama besar dengan kebisingan yang ditimbulkan oleh mesin jet yang dapat menghasilkan suara berfrekuensi 100 dB. Sedangkan, batas normal volume earphone adalah antara 0 dB sampai 40 dB. Jika melewati angka batas normal tersebut, akan terjadi gangguan pendengaran. Hal tersebut terjadi karena cochlea (rumah siput) yang berperan dalam proses pendengaran mengalami kelelahan secara terus menerus.
     Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dapat mengganggu kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Committie on Emerging and Newly Identified Helat Risk menyimpulkan bahwa gelombang elekromagnetik yang dihasilkan oleh earphone atau headset dapat mengganggu kinerja listrik pada otak.
    Selain itu, penggunaan earphone yang digunakan bergantian juga dapat menimbulkan infeksi pada telinga. Hal tersebut dapat terjadi karena bakteri yang ada di telinga seorang penggunanya dapat tersebar dan berpindah ke telinga lain melalui earphone yang sama. Karena untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, earphone harus dimasukkan ke saluran telinga / Meatus Acusticus Externus dan secara bersamaan bakteri pun berpindah dari satu telinga ke telinga lain.
     Dampak penggunaan earphone memang tidak langsung terasa. Pada saat setelah menggunakan earphone, telinga kita akan terasa berdengung dan panas. Namun gangguan pendengarannya tidak langsung terjadi sepenuhnya. Prosesnya bertahap. Kebanyakan efeknya muncul pada saat penggunanya menginjak usia 20-30 tahun. Pada usia muda seperti itu, para penggunanya mulai kehilangan pendengarannya.
    Ada beberapa cara / tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko gangguan pada pendengaran akibat penggunaan earphone dengan tetap dapat menggunakan earphone. Pertama, hindari penggunaan earphone secara berlebihan. Usahakan menggunakan earphone seminimal mungkin. Lalu, jaga kebersihan karet earphone dan hindari pemakaian earphone bergantian. Cara ini dapat dilakukan untuk mencegah infeksi pada telinga. Kemudian, hindarilah penggunaan earphone pada saat mengemudi kendaraan. Jika kita menggunakan earphone saat mengemudi kendaraan, kecelakaan dapat terjadi akibat fokus kita yang terbagi. Yang keempat sekaligus yang terakhir, jangan mendengarkan sesuatu menggunakan earphone dengan frekuensi suara yang melebihi batas normal.
Kesimpulan
     Keberadaan earphone pada zaman sekarang memang menimbulkan beberapa keuntungan. Namun, dibalik keuntungan itu, banyak pula dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan earphone secara berlebihan. Salah satu dampak utamanya adalah gangguan pada pendengaran. Untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan earphone, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu menjaga kebersihan earphone, tidak menggunakan earphone secara berlebihan, tidak menggunakan earphone saat berkendara & tidak mendengarkan sesuatu dari earphone dengan frekuensi suara yang melebihi batas ambang normal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random