Minggu, 17 Juli 2016

Buah Sebagai Obat & Pencegah Suatu Penyakit



Sayur dan buah memang sudah dikenal memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Banyak olahan sayur & buah yang dibuat menjadi suplemen makanan untuk berbagai macam jenis dan fungsinya. Ada juga suplemen yang berasal dari buah-buahan yang dipromosikan sebagai obat berbagai macam penyakit. Namun, apakah hanya mengonsumsi buah dapat menjadi obat yang 100 % ampuh?

Untuk beberapa penyakit yang masih ringan seperti susah BAB masih dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi buah, seperti orang yang susah BAB dapat mengonsumsi papaya dan buah yang berserat agar memperlancar BAB. Namun untuk penyakit berat seperti asma, penyakit jantung, stroke dan sebagainya tidak bisa hanya di berikan buah saja, harus dilengkapi dengan penatalaksanaan medis.

Meski begitu, beberapa buah buahan dibawah ini tetap saja member dampak positif terhadap tubuh saat terserang penyakit tertentu. Ini adalah beberapa buah dan penyakit yang dapat ditanggulanginya.

Apel & Jeruk – Pencegah Penyakit Stroke
Kedua buah ini merupakan buah yang sangat umum dan mudah di dapat.  Mengonsumsi kedua buah ini secara rutin sama dengan mengurangi resiko terkena stroke hingga 50 %. Seperti pepatah barat ‘sebutir apel sehari, maka kamu takkan pernah ke dokter’. Hal tersebut bukan kiasan semata. Apel kaya akan quercetin yang mampu mengatasi inflamasi, dalam hal ini adalah mengatasi pengerasan pembuluh darah akibat inflamasi. Mengonsumsi apel setiap hari dapat menurunkan resiko stroke hingga 50 %. Jeruk juga dapat menurunkan resiko stroke hingga 19 % iskemik. Selain vit.c dan kalium yang terkandung dalam jeruk, peneliti juga mengamati zat flavonoid yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke jika dikonsumsi 2-4 porsi buah  jeruk per harinya.  

Anggur & Buah Naga – Mengobati & Mencegah Katarak
Anggur merupakan salah satu buah yang merupakan buah favorit banyak orang. Dibalik rasanya yang manis dan segar itu, anggur ternyata mengandung banyak zat gizi yang berfungsi dalam pengobatan mata yang katarak. Anggur merupakan salah satu buah yang kaya akan vit.a, vitamin yang fungsinya adalah untuk pertumbuhan mata. Selain vit.a, anggur juga mengandung B6, asam folat, dan mineral seperti  potassium, kalsium, zat besi,selenium, dan fosfor. Selain itu, anggur juga mengandung flavonoid yang dapat mengurangi kerusakan pada mata katarak. Untuk orang orang dengan aktivitas yang kebanyakan berada didepan layar computer ataupun laptop, buah naga putih adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi karena buah naga putih dapat menjaga kesehatan mata yang terpapar cahaya computer tiap harinya.

Alpukat & Labu Kuning – Meringankan Gejala Asma
Buah alpukat dan labu kuning adalah buah yang mengenyangkan. Dengan olahan jus alpukat dan juga labu kuning yang sering menjadi olahan kolak dan juga puding. Banyak banyak mengonsumsi kedua buah ini dapat mengurangi resiko asma dan juga meringankan gejala asma bagi yang telah terkena asma. Buah alpukat mengandung l-glutathione yang dapat mencegah asma secara optimal. Sedangkan bagi yang telah memiliki resiko asma, mengonsumsi alpukat dapat mengurangi gejala yang dirasakan.  Labu kuning merupakan buah yang berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain asma, dia juga dapat mencegah kanker paru. Labu kuning mengantung beta karoten dan vit.c yang tinggi sehingga dapat menjadi obat dalam meringankan gejala sesak napas.

Bengkoang – Mencegah Serangan Jantung
Seperti yang kita ketahui, banyak wanita yang mengonsumsi bengkoang untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cerah. Tidak hanya itu, ternyata mengonsumsi bengkoang juga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung. Orang yang mengonsumsi bengkoang memiliki resiko yang jauh lebih rendah hingga 50% daripada mereka yang tidak mengonsumsi bengkoang. Ternyata, bengkoang banyak mengandung antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas dan menghambat naiknya kadar gula darah. Maka dari itu, bengkoang sangat bagus untuk dikonsumsi bagi penderita jantung koroner.

Baiklah, sekian dari pembahasan buah yang bermanfaat menjadi ‘obat’ untuk beberapa penyakit. Sekian dan see ya!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random