Minggu, 17 Juli 2016

PEMBERANTASAN JENTIK NYAMUK SERTA TINDAKAN DAN MANFAATNYA




Belakangan ini, tingkat penderita demam berdarah kian meningkat. Tak sedikit pula nyawa melayang dikarenakan menderita penyakit akibat nyamuk aedes aegypti ini.
Adapun cara menghindari penyakit demam berdarah ini sendiri adalah dengan mulai memberantas jentik-jentik nyamuk yang ada disekitar kita seperti di tempat penyimpanan air, pembuangan sampah, dan juga tempat yang lembap.

Pemberantasan jentik nyamuk masuk dalam poin perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) poin ke 7 yaitu tindakan pemberantasan jentik-jentik nyamuk.
Adapun cara cara memberantas jentik nyamuk atau sering disebut 3M, yaitu :

1.       - Menutup

Menutup disini maksudnya adalah menutup tempat penyimpanan air. Seperti contohnya ember, maupun sumur dan tangki air ditutup agar nyamuk tidak bertelur di air yang merupakan tempat dimana jentik nyamuk terdapat.

2.       - Menguras

Menguras disini tentunya adalah untuk menguras bak mandi ataupun tempat penampungan air lainnya setiap hari agar kondisi air lebih sehat karena setiap menguras bak mandi, nyamuk yang bertelur di air dalam bak akan ikut terbuang saat dikuras.

3.       - Mengubur

Maksud mengubur disini adalah mengubur sampah dalam jarak yang cukup jauh dari lingkungan rumah kita. Tujuannya adalah untuk mengurangi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk.


Nah, selain 3 M diatas, kita juga dapat melindungi diri kita dari serangan nyamuk biasa maupun nyamuk aedes dengan melakukan pencegahan gigitan nyamuk.
Caranya juga sangat sederhana, yaitu seperti memakai losion anti nyamuk, menyemprotkan obat anti nyamuk 1-2 jam sebelum menggunakan ruangan (khususnya kamar tidur) atau bisa juga menggunakan obat nyamuk yang elektrik maupun yang tradisional.
Baiklah, sekian artikel mengenai pemberantasan jentik nyamuk ini, sampai jumpa!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random