Minggu, 17 Juli 2016

Stroke Ringan Ataupun Berat : Bagaimana Terapinya?




Penderita stroke di dunia ini sudah sangat banyak. Tidak hanya orang tua, bahkan masih muda juga ada yang menderita stroke baik yang ringan maupun berat.

Lalu, bagaimana terapinya?


Berikut adalah beberapa langkah terapi yang dapat dilakukan kepada penderita stroke menurut pakar kesehatan :

1.      Terapi Obat

Dimana ada penyakit, maka ada pula obatnya. Terapi obat-obatan adalah terapi paling umum yang dilakukan terhadap penderita stroke. Tentu saja langkah pertama adalah membawa pasien ke dokter dan dokter biasanya memberikan beberapa obat-obat untuk meringankan gejala yang dirasakan sang pasien. Namun terapi ini diberikan hanya pada jenis stroke yang diakibatkan penyumbatan darah di otak / iskemik.  Terapi ini dinamakan terapi trombototik, yaitu untuk menghancurkan bekuan yang menyebabkan penyumbatan darah di otak.

2.       Terapi Psikis Si Penderita

Tentunya si penderita stroke akan merasakan tekanan yang berdampak buruk bagi psikisnya. Maka dari itu, terapi psikis juga diperlukan untuk membangkitkan kembali rasa percaya diri si penderita. Terapi ini dapat dilakukan oleh keluarga melalui motivasi maupun tenaga yang bersangkutan seperti psikiater dan psikolog.

3.      Akupuntur

Mungkin untuk keluarga menengah ke atas dapat melakukan terapi obat dan psikis dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Namun menjadi  kendala bagi keluarga pasien menengah kebawah. Mereka biasanya melakukan terapi akupuntur yang dipercaya sejak dulu sebagai pengobatan paling ampuh terhadap berbagai macam penyakit. Adapun akupuntur untuk penderita stroke adalah akupuntur jarum & akupuntur laser.

4.       -Melatih Aktivitas Fisik

Seperti kebanyakan penderita stroke, mereka kehilangan sebagian besar kemampuan bergerak dan beraktivitas sehingga membuat mereka hanya beraktivitas secara terbatas. Maka  hal terbaik  yang dapat dilakukan adalah melakukan terapi fisik. Terapi ini dapat dilakukan bersama ahlinya, yaitu seorang fisioterapi
.
5.      - Terapi Stem Cell

Terapi stem cell sudah dilakukan untuk beberapa penyakit meskipun masih jarang ditemukan. Terapi ini dapat dilakukan pada penderita stroke ringan maupun berat.  Stem cell dapat bertumbuh menjadi sel sel baru yang sehat dan menggantikan sel sel yang sudah rusak. Terapi ini merupakan terapi paling aman bagi penderita stroke.




5 Langkah diatas bisa menjadi pertimbangan terapi yang dapat dilakukan pada penderita stroke. Semoga bermanfaat!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random