Kamis, 21 Juli 2016

WASPADA KANKER SERVIKS BAGI WANITA : PAPSMEAR UNTUK DETEKSI DINI



Menurut data WHO, sekitar 490.000 wanita didiagnosa menderita kanker serviks tiap tahunnya dan 50% diantaranya meninggal dunia saat melawan kanker serviks. 

Angka tersebut cukup tinggi. Kanker serviks menjadi salah satu penyakit ‘populer’ yang dialami oleh kaum wanita pada saat ini. Bahkan kita sebagai wanita tidak tahu apa kita mengidap penyakit ini atau tidak jika tidak diperiksa. Nah,bagaimana cara kita mengetahuinya?


Deteksi dini adalah hal yang perlu dilakukan sebelum suatu kanker atau keganasan lainnya menyebar luas. Dalam deteksi dini kanker serviks, papsmear adalah salah satu cara yang paling umum dan paling direkomendasikan. Nah, apa papsmear itu?

Papsmear adalah pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks dengan cara mengambil sediaan sel dari serviks (leher rahim) dan diperiksa dengan mikroskop untuk mengetahui adanya kelainan pada serviks ataupun tidak. Bagaimana prosedurnya?

1.       Membuka baju
2.       Duduk di meja pemeriksaan
3.       Berbaring
4.       Pengecekan bagian luar vagina
5.       Memasukkan speculum untuk membuka vagina
6.       Pengumpulan sampel jaringan dari luar mulut rahim hingga bagian dalam rahim
7.       Pencopotan speculum

Diatas merupakan prosedur pengambilan specimen serviks. Setelah dilakukan  pengambilan, maka dilakukan pemeriksaan sepertidigambar ini :

Seperti itulah gambaran pemeriksaan papsmear yang dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks atau tidak.

Semoga berguna!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random