Minggu, 17 Juli 2016

POLA HIDUP SEHAT : TIDAK HANYA MENGETAHUI, NAMUN JUGA HARUS DITERAPKAN




Jika ada pepatah yang mengatakan kesehatan itu mahal, itu memang benar. Bayangkan jika kita sakit dan harus membayar semua biaya obat, konsultasi dokter, operasi, rawat inap, dan sebagainya. Pasti itu sangatlah mahal. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan yang telah diberikan kepada kita secara Cuma Cuma oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tersebut?

Caranya hanya satu, yaitu menerapkan pola-pola dan gaya hidup yang sehat. Sebab jika kita menjalankan hidup dijalan yang sehat, maka tubuh kita juga sebisa mungkin akan terus sehat.

Banyak dari kita sebenarnya sudah tahu bagaimana pola hidup yang sehat itu, namun tidak semua langsung diterapkan. Mungkin hanya mendengar dan membaca namun tidak diterapkan. Maka sekarang waktunya kita menerapkan pola hidup yang sehat.

Berikut beberapa pola hidup sehat yang harus diterapkan demi menuju kehidupan yang sehat.

Berolahraga dengan Rutin
Yang disebut olahraga adalah beraktivitas selain aktivitas sehari-hari sebanyak 30 menit sedikit-dikitnya 5 kali dalam seminggu. Olahraga yang dilakukan dapat dimulai dari yang paling  mudah yaitu jogging dipagi maupun sore hari, senam, berenang, bermain badminton, bermain bola, bermain tenis, hingga menggunakan alat seperti treadmill dan sepeda. Olahraga sangat diperlukan demi membangun ketahanan dan kesehatan tubuh kita.

Anti-Rokok
Zaman sekarang ini, sangat mudah menemukan perokok aktif bahkan dalam usia muda sekalipun. Jika kita berada di sekitar mereka, kita juga merupakan perokok pasif karena menghirup asap yang berbahaya bagi tubuh. Rokok sendiri mengandung jutaan racun yang dapat merusak tubuh kita. Maka dari itu, baiknya kita tidak merokok dan menggunakan masker saat berada dilingkungan yang berasap.

Mengurangi Junk-food & Softdrink
Bukan berarti kita ‘haram’ terhadap junk-food dan softdrink mengingat kedua jenis makanan dan minuman tersebut sudah menjamur dimana mana sekarang. Namun kita harus sebisa mungkin tidak mengonsumsinya, sejarang mungkin. Junk food mengandung MSG yang tidak baik untuk kesehatan kita dan juga softdrink tidak bagus dikonsumsi berlebihan karena soda yang dikandungnya.

Pola Makan Teratur & Bergizi
Aktivitas kita sehari-hari membutuhkan energy dan energy didapat dari makanan. Jadi, pastikan kita makan dengan teratur dan perhatikan apa yang kita makan. Ada baiknya kita menerapkan 4 sehat 5 sempurna dalam polamakan kita. Kurangi makan di luar karena belum tentu masakan di luar higienis seperti yang kita atau ibu kita masak.

Tidur yang Cukup
Seperti yang dikatakan pedangdut Roma Irama, begadang tidak ada gunanya sama sekali. Maka yang sangat dibutuhkan adalah tidur yang cukup. Tidur cukup adalah sekitar 8-9 jam dan waktu ideal untuk tidur adalah mulai pukul 9  malam hingga 6 pagi. Jadi, pastikan tidur yang cukup!


Baiklah, diatas adalah segelintir dari banyak pola hidup sehat yang saya bahas. Namun jika kita melakukan langkah diatas saja, kita sudah dikatakan melakukan pola hidup yang sehat.
Sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random