Minggu, 17 Juli 2016

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN


Pada zaman ini, kita semua pasti tau sepeda, bukan?
Ya, kendaraan beroda dua ini sudah menjadi salah satu alat transportasi & berolahraga umum dalam masyarakat zaman sekarang. Banyak yang bersepeda hanya untuk sekadar hobi ataupun mengisi luang, namun ada juga yang bahkan bersepeda untuk berpergian sepanjang aktivitas sehari hari.
Aktivitas bersepeda yang kita kenal ternyata bermanfaat bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya, ya?


Melatih aktivitas otot & sendi
Saat bersepeda, aktivitas mengayuh pedal sepeda saja sudah bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu melatih aktivitas dari otot rangka tubuh terutama otot yang ada di bagian kaki. Selain untuk otot, sendi sendi yang ada di kaki juga ikut ‘latihan’ saat aktivitas mengayuh sepeda. Latihan otot dan sendi sangat bermanfaat untuk membuat otot dan sendi kita lebih fleksibel dan secara tidak langsung akan lebih kuat dari sebelumnya.

Bermanfaat bagi jantung & paru – paru
Banyak  pendapat bahwa bersepeda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga paru paru. Hal tersebut benar. Karena dengan bersepeda, kinerja jantung meningkat sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan aktivitas paru paru pun ikut meningkat. Meningkatnya kinerja otot jantung seiring dengan lancarnya proses penghantaran oksigen keseluruh tubuh. Dengan begitu, bersepeda juga dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Berdampak baik terhadap psikis seseorang
Jika sedang memiliki masalah dan pikiran yang dapat membuat stress, maka ada baiknya kita bersepeda. Bersepeda dapat membuat kita merasa lebih tenang dan juga mengurangi tingkat stress yang muncul. Dari penelitian, aktivitas bersepeda dapat memicu tubuh kita mengeluarkan hormone endorphin. Hormon endofin ini dapat meningkatkan rasa nyaman dan juga suasana hati yang positif. Maka jika kita sedang stress dan kemudian bersepeda, hormone endorphin yang keluar akan menetralisir stress dengan memicu rasa nyaman dan tenang pada diri kita.


Mencegah kanker dan resiko penyakit lain
Pada zaman sekarang, banyak sekali masyarakat yang terkena kanker. Bahkan menurut beberapa peneliti, beberapa puluh tahun yang akan datang hampir seluruh warga dunia menderita kanker. Menyeramkan, bukan?
Maka dari itu, ada baiknya kita mencegah kanker dari hal yang sangat mudah, seperti bersepeda. Kanker merupakan penyakit yang menjalar dengan sangat cepat. Jika kita bersepeda, maka tubuh kita akan tetap sehat. Dan jika ada sel yang memicu kanker dalam tubuh yang sehat, maka akan dicegah pertumbuhannya untuk menjadi kanker. Selain kanker, diabetes juga menjadi masalah kesehatan umum sekarang. Namun lagi-lagi, dengan bersepeda, resiko diabetes dapat berkurang. Itu dikarenakan stabilnya produksi insulin oleh tubuh kita.

Menurunkan kalori & berat badan
Bagi yang merasa badannya agak sedikit berlebihan dalam berat badan, ataupun yang sedang dalam program menurunkan berat badan, bersepeda adalah olahraga yang tepat disamping program diet yang sedang di jalankan. Hal tersebut dikarenakan bersepeda dapat membakar kalori seperti olahraga lainnya. Sehingga pola makan seimbang yang rutin dengan ditambah bersepeda dapat menjaga tubuh kita tetap dalam berat badan yang ideal.


Nah, sekian beberapa manfaat dari bersepeda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random